Kubus dan Balok



KUBUS DAN BALOK




A. Kubus dan Unsur-Unsurnya
       Kubus merupakan sebuah bangun ruang beraturan yang dibentuk oleh enam buah persegi                yang bentuk dan ukurannya sama. Setiap persegi pembentuk kubus masing-masing akan                     berpotongan tegak lurus dengan persegi lainnya tepat pada tepinya. Kubus mempunyai unsur               utama. Unsur-unsur utama itu adalah sisi, rusuk dan titik sudut.


1.      Sisi kubus

Sisi kubus adalah suatu bidang persegi yang membatasi bangun ruang kubus. Kubus terdiri dari enam sisi yang bentuk dan ukurannya sama. Sisi kubus dapat dikelompokkan dalam dua bagian besar, yaitu sisi datar dan sisi tegak.

2.      Rusuk kubus

Rusuk kubus adalah ruas garis yang merupakan perpotongan dua bidang sisi pada sebuah kubus. Rusuk kubus dapat dikelompokkan dalam dua bagian besar, yaitu rusuk datar dan rusuk tegak.

3.      Titik sudut
Tiga buah rusuk kubus yang berdekatan akan bertemu pada satu titik. Titik pertemuan itu disebut titik sudut kubus. Titik sudut pada kubus ada 8 buah. Titik sudut sering disebut pojok. Titik-titik sudut  tersebut terdiri atas empat pasang titik sudut yang berpasangan dan saling berhadapan.
Image result for kubus dan balok kelas viii
gambar kubus

Diagonal kubus merupakan ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut sebidang yang saling berhadapan. Didalam kubus dikelompokkan dalam tiga bagian besar yaitu diagonal sisi (diagonal bidang), bidang diagonal, dan diagonal ruang.
1.      Diagonal sisi
Masing-masing sisi kubus mempunyai dua buah diagonal. Diagonal itu disebut diagonal sisi (diagonal bidang), yang banyaknya 6 x 2 = 12 buah. Semua diagonal sisi kubus mempunyai  panjang yang sama.
2.      Bidang diagonal
Bidang diagonal berbentuk persegi panjang dan bidang diagonal kubus dibatasi oleh empat garis lurus, yaitu dua rusuk kubus dan dua diagonal.
3.      Diagonal ruang
Diagonal ruang adalah ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut tidak sebidang yang saling berhadapan.
unsur-unsur kubus


  B.  Balok dan Unsur-Unsurnya
  Balok merupakan bangun ruang beraturan yang dibentuk oleh tiga pasang persegi panjang yang masing-masingnya mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Seperti halnya kubus, balok juga mempunyai  tiga unsur utama yang merupakan pembentuk balok tersebut. Unsur-unsur utama dari balok yaitu:
1.      Sisi balok
Balok mempunyai tiga pasang sisi, yang masing-masing pasang berbentuk persegi panjang yang sama bentuk dan ukurannya. Sisi balok dapat dikelompokkan dalam dua bagian yaitu sisi datar dan sisi tegak.
2.      Rusuk
Sebuah balok mempunyai 12 rusuk  terbagi menjadi tiga bagian yang masing-masing terdiri atas empat rusuk yang sejajar dan sama panjang. Bagian pertama terdiri atas rusuk-rusuk terpanjang, yaitu rusuk AB, DC, EF, dan HG, bagian ini disebut panjang balok. Bagian kedua terdiri atas  rusuk-rusuk tegak, yaitu AE, BF, CG, dan DH, bagian ini disebut tinggi balok. Bagian ketiga terdiri atas rusuk-rusuk miring (rusuk nonfrontal), yaitu AD, BC, EH, dan FG, bagian ini disebut lebar balok.
3.      Titik sudut
Tiga buah rusuk balok yang berdekatan akan bertemu pada satu titik. Titik pertemuan itu disebut titik sudut balok yang berjumlah 8 buah.
Image result for kubus dan balok kelas viii
gambar balok
Diagonal balok merupakan ruas garis yang menghubungkan dua titik sudut sebidang yang saling berhadapan. Didalam kubus dikelompokkan dalam tiga bagian besar yaitu diagonal sisi (diagonal bidang), bidang diagonal, dan diagonal ruang.
1.      Diagonal sisi (diagonal  bidang)
Balok mempunyai 12 buah diagonal sisi. Diagonal sisi pada balok tidak semuanya mempunyai panjang yang sama, bergantung pada ukuran sisi balok tersebut.
2.      Bidang diagonal
Bidang diagonal merupakan bidang didalam balok yang dibuat melalui dua buah rusuk yang saling sejajar tetapi tidak terletak pada satu sisi. Keenam  bidang diagonal balok itu merupakan tiga pasang daerah persegi panjang yang berpasangan, sama dan sebangun, yaitu ACGE dengan DBFH, BCHE dengan AFGD, dan ABGH dengan DCFE.
3.      Diagonal ruang
      Sebuah balok ABCD.EFGH mempunyai 4 pasang sudut yang berhadapan, yaitu A dengan G, B dengan H, C dengan E, dan D dengan F. jika titik sudut yang sehadap kita hubungkan maka   diperoleh diagonal ruang balok, yaitu AG, BH, CE, dan DF.
KUBUS DAN BALOK BANGUN RUANG SISI DATAR (BRSD1) Disajikan oleh ...
unsur-unsur balok
Luas Permukaan Kubus
       Jaring-jaring kubus merupakan rentangan dari permukaan kubus. Sehingga untuk      menghitung luas permukaan kubus sama dengan menghitung luas jarring-jaringnya.          Karena permukaan kubus terdiri dari enam buah persegi dengan ukuran yang sama, maka luas kubus dengan panjang rusuk p adalah,
Luas = 6 x luas persegi         = 6p2


Luas Permukaan Balok
   Sebuah balok memiliki tiga pasang sisi berupa persegi panjang. Setiap sisi dan pasangannya saling berhadapan, sejajar, dan kongruen (sama bentuk dan ukurannya). Ketiga pasang sisi tersebut adalah:
(i). Sisi atas dan bawah
      Jumlah luas = 2 x (p x l)
(ii). Sisi depan dan belakang
       Jumlah luas = 2 x (p x t)
(iii). Sisi kanan dan kiri
        Jumlah luas = 2 x (l x t)

Sehingga luas permukaan balok adalah total jumlah ketiga pasang luas sisi tersebut.
Luas  =  2pl  + 2pt  + 2lt

          =  2 (pl + pt + lt)

Volume Kubus
Untuk menentukan volume kubus (V) kubus, kita cari dulu luas alas (A) lalu dikalikan dengan tinggi (t).
A = s x s = s2 dan t = s, maka rumusan volume kubus sebagai berikut.
V = A x s ↔ V =  (s x s) x s = s3
Volume Balok
Untuk menentukan volume (V) balok, kita cari dulu luas alas (A) lalu dikalikan dengan tinggi (t).
V = p x l x t

 

 

   




0 komentar:

recent posts